Advertisements
Home > Basement Reservoir, Petroleum Geology, Sumatra > BATUAN DASAR CEKUNGAN TERSIER SUMATRA SELATAN

BATUAN DASAR CEKUNGAN TERSIER SUMATRA SELATAN

BATUAN DASAR CEKUNGAN TERSIER SUMATRA SELATAN

Batuan dasar di Sumatra Selatan telah terbukti menjadi reservoir hidrokarbon, seperti pada lapangan Suban, dan sewajarnya juga ditemui pada daerah lainnya. Sebelum dibahas lebih lanjut mengenai potensi hidrokarbon dari batuan dasar ini, alangkah baiknya kita kenali lebih dahulu konfigurasi  batuan dasar ataupun batuan pra-Tersier yang ada di Sumatra pada umumnya dan Sumatra Selatan khususnya yang pernah diteliti oleh penulis pada tahun 2010-2011 pada salah satu lapangan di Jambi.

Menurut Salim dkk (1995) sejarah geologi tentang batuan pre-Tersier adalah tidak terlalu dikenali. Deskripsi kejadian pre-Tersier adalah berdasarakan pada penggalan data dari singkapan di Jajaran Pegunungan Barisan, Gunung Tiga Puluh, dan Gunung Dua Belas dan di kepulauan di timur Sumatra seperti Pulau Bangka, Belitung, Singkep dan juga dari data sumur. Bervariasi pada komposisi, bagian pre-Tersier terusun atas granit, kuarsit, batugamping, serpih, meta-sedimen, filit, sekis, andesit, dan basalt. Umur sekuen litologi pre-Tersier berkisar antara Paleozoik akhir sampai Mesozoik Akhir.

Gambar 1. Sebaran Jenis Batuan Dasar di Cekungan Sumatra Selatan (Ginger dan Fielding, 2005)

Gambar 1. Sebaran Jenis Batuan Dasar di Cekungan Sumatra Selatan (Ginger dan Fielding, 2005)

Sebuah konsep mikroplate Sumatra dikembangkan untuk menjelaskankan dan merekonstruksi kejadian geologi pre-Tersier, diusulkan oleh Pulunggono dan Cameron (1984). Pada sekenario ini, Cekungan Sumatra Selatan dan Tengah di atas dua continental mikroplate, Mikro-plate Malaka dan Mikro-plate Mergui dan oleh Mutus Assemblage. Miko-plate Mergui terdiri dari batuan Permo-Carbonaferous dan Permo-Triasik terdiri dari mudstone yang berkomposisi kerakal yang tertansport oleh glasial, serpih laut dan meta-sandstone yang terdeformasi dan terintrusi oleh granit termasuk Granit Setiti di Area Jambi. Mikroplate Malaka, di batas bagian timur Cekungan Sumatra Selatan dan Tengah adalah ditunjukkan oleh quartzite, filit, dan slate. Kedua continental microplate digabungkan sepanjang garis suture yang membawa bersamaan batuan yang berbeda asal dan umur (the Mutus Assemblage) terdiri argilates, serpih merah, basalt, dan tuff. Batuan diinterpretasikan sebagai produk pemekaran belakang busur dan volkanisme, yang ditemani oleh attenuasi kerak benua dan peningkatan aliran panas. Batugamping pre-Tersier ditembus oleh beberapa sumur di Rendahan Tungkal, Geragai, Leko, dan Kluang adalah dikategorikan sebagai post Mutus Assemblage (Salim dkk, 1995). Gambar 1. menjelaskan sebaran, titik temuan dan jenis batuan dasar di Sumatra selatan yang digambarkan oleh Ginger dan Fielding tahun 2005.

Karena temuan utama dari penelitian adalah batuan dasar berupa granit, sehingga khusus granit dapat kita pelajari jenis sebarann dan umumnya merujuk kepada Cobbing dkk (1992; dalam Barber dkk, 2005) kelompok batuan Granit Sumatra serta persentase Si02 dan umur isotopnya yaitu seperti pada Tabel 1 dan peta sebarannya  seperti Gambar 2.

Tabel 1. Persentase SiO2 dan Umur Isotop Granit Sumatra

Tabel 1. Persentase SiO2 dan Umur Isotop Granit Sumatra

Gambar 2. Peta Sebaran Granit Sumatra (Cobbing dkk,  1992; dalam Barber dkk, 2005).

Gambar 2. Peta Sebaran Granit Sumatra (Cobbing dkk, 1992; dalam Barber dkk, 2005).

Batas sutur ataupun batas mikroplate tersebut biasanya akan memiliki sejarah tektonik dan menjadi Mandala tektonik tersendiri. Untuk mendapatkan gambaran sejarah serta kerangka tektonik dan perkembangan struktur di Cekungan Sumatra Selatan, pembaca disarankan untuk membaca tulisan sebelumnya yang berkaitan dengan hal tersebut. (link: https://ptbudie.com/2011/10/12/kerangka-tektonik-dan-perkembangan-struktur-cekungan-sumatra-selatan/)

Potensi keterdapatan hidrokarbon pada batuan dasar yang pejal adalah merupakan suatu yang tidak selalu didapati pada setiap wilayah kerja migas. Umumnya reservoir batuan dasar terdiri dari granit, karbonat, konglomerat dan batupasir dengan porositas rendah (<10%) dan permeabilitas matrik yang rendah. Aktivitas hidrotermal dan karstifikasi batuan dasar karbonat menyebabkan secara lokal berkembang porositas sekunder (Chalik dkk, 2004; dalam Ginger dan Fielding, 2005). Permeabilitas dikontrol rekahan dan laju alir gas yang baik adalah tercapai pada area yang terdapat sistem rekahan yang ekstensif. Mengenai genesa, karakteristik serta mekanisme pembentukan porositas dan permeabilitas pada batuan dasar sehingga berpotensi sebagai reservoir ditulis pada tulisan bagian lainnya pada kategori yang sama yaitu Basement Reservoir (link: https://ptbudie.com/category/petroleum-geology/basement-reservoir/).

Daftar Pustaka:

Barber, A.J., Crow, M.J. dan Milsom, J.S. 2005. Sumatra: geology, resources and tectonic Evolution. Geological Society: London.

Chalik, M., Pujasmadi B., Fauzi M. dan Bazed M. 2004. Sumpal Field, South Sumatra – Case History of the Delineation and Production of a Fractured Basement Reservoir. Indonesian Petroleum Association, Proceedings, Deepwater and Frontier Exploration In Asia & Australasia Symposium. p. 199-224.

Ginger, D. dan Kevin, F. 2005. Petroleum System and Future Potential of South Sumatra Basin. Proccedings 30th Annual Convention Indonesian Petroleum Association: Jakarta.

Pulonggono, A.S., dan Cameron, N.R, 1984. Sumatran Microplate. Their Characteristic and Their Rock in The Evolution of Central South Sumatra Basin. Proccedings 13th Annual Convention Indonesian Petroleum Association: Jakarta.

Salim, Y., Nana, D., Maryke, P., Yustika, I., Mimi S., dan M., Fauzi. 1995. Technical Study Report Remaining Potential of The South Sumatra Basin. South Sumatra AMI Study Group.

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: