Advertisements
Home > Environmental Geology, Geologi Sehari-hari, Sistem Informasi Geografi & Geologi > PEMANFAATAN WEBSITE BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG) GEOLOGI DAN GEOFISIKA UNTUK MEMANTAU POTENSI GENANGAN ATAU BANJIR

PEMANFAATAN WEBSITE BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG) GEOLOGI DAN GEOFISIKA UNTUK MEMANTAU POTENSI GENANGAN ATAU BANJIR

PEMANFAATAN WEBSITE BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFI (SIG) GEOLOGI DAN GEOFISIKA UNTUK MEMANTAU POTENSI GENANGAN ATAU 

Tulisan  ini berisi tentang hal-hal simpel (namun sangat besar gunanya) yang bisa dilakukan oleh kita sebagai masyarakat umum di saat lingkungan sekitar sedang/sering terjadi genangan dan berpotensi terjadi banjir. Hal-hal simpel (namun sangat besar gunanya) yang  dimaksud adalah mamanfaatkan teknologi telephone pintar  yang selalu dekat dengan kita dan mendapatkan informasi dari website berbasis Sistem Informasi Geografi, Geologi dan Geofisika guna memantau potensi genangan dan banjir. Tulisan ini disampaikan secara sekilas sebagai pendahuluan penambah wawasan dalam pemanfaatan teknologi dan informasi guna kehidupan sehari-hari, selebihnya lebih detail akan dibahas penulis pada bagian selanjutnya secara terpisah.

Tujuan dalam penggunaan  informasi SIG, Geologi dan Geofisika ini adalah agar kita mendapatkan informasi ter-update yang dapat digunakan sebagai pertimbangan atas langkah taktis yang akan kita kerjakan, dan pada akhirnya dapat mengurangi resiko dan kerugian. Sebagai contoh kecil yaitu ketika memilih rute jalan dan pulang dari rumah ke kantor merupakan sesuatu yang penting untuk menghindari kemacetan dan terjebak genangan sehingga kendaraan (mobil/motor) kita aman melewati dan tidak menghabiskan waktu dan bahan bakar. Contoh lainnya kita mendapat pertimbangan kapan kita perlu mengevakuasi anggota keluarga dan menyelamatkan barang-barang di rumah ketika terdapat potensi genangan dan banjir.

Hal-hal  (simpel) yang perlu kita ketahui dan dapat dilakukan (dengan mudah) dilakukan dengan memanfaatkan teknologi smartphone dan website berbasis sistem informasi geografi, geologi dan geofisika disaat musim penghujan ataupun berpotensi terjadi banyak genangan dan banjir:

1. Memantau perkiraan cuaca, curah hujan, dan peringatan dini dari BMKG (http://www.bmkg.go.id/) ataupun juga dapat menggunakan aplikasi BMKG yang dapat diinstal pada mobile-phone anda.

twitter BMKG yang realtime mengupdate informasi tantang informasi cuaca dan gempa bumi

Twitter BMKG yang realtime mengupdate informasi tantang informasi cuaca dan gempa bumi

Aplikasi BMKG yang dapat didwnload dengan gratis

Aplikasi BMKG yang dapat didownload dengan gratis di google play

homepage website www.bmkg.go.id

Tampilan homepage website http://www.bmkg.go.id yang memberikan informasi perkiraan cuaca, peringatan dini, lokasi gempa bumi terupdate, dan berita lainnya (diambil tgl 19 Maret 2017)

2. Mengikuti informasi dari website dan media sosial dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional dan Daerah (Link website BPBD Jakarta: http://bpbd.jakarta.go.id)

twitter BPPD Jakarta yang realtime memberikan informasi dan peringatan dini

Twitter BPPD Jakarta yang realtime memberikan informasi dan peringatan dini (Diambil tgl 19 Maret 2017)

homepage bpbd.jakarta.go.id

Tampilan homepage website bpbd.jakarta.go.id yang berisi tinggi muka air di pintu air, info perkiraan cuaca, peringatan dini, serta terdapat page lainnya (diambil tgl 19 Maret 2017).

3. Memanfaatkan informasi dari website petabencana.id yaitu terkait informasi tinggi air pada bendungan, lokasi adanya genangan, lama genangan, dan juga dapat melaporkan adanya genangan didaerah anda (seperti pada link website  https://petabencana.id/map/jakarta)

Informasi adanya genangan dari https://petabencana.id/map/jakarta (diambil tgl 18 Maret 2017)

Informasi adanya genangan dari https://petabencana.id/map/jakarta (diambil tgl 18 Maret 2017)

Informasi adanya genangan, banjir, dan ketinggian air di pintu air dari websiet Update pagi ini: https://petabencana.id/map/jakarta

Informasi adanya genangan, banjir, dan ketinggian air di pintu air dari website https://petabencana.id/map/jakarta (Gambar diambil menggunakan telephone gengam pada tgl 21 Februari 2017 jam 08.02 WIB)

4. Memanfaatkan website BPBD (http://bpbd.jakarta.go.id), google crisis map (Link website:http://google.org/crisismap/2013-jakarta-flood-en),  ataupun  mencari dari website lainnya untuk mendapatkan informasi peta rawan banjir atau kebencanaan yang terjadi sebelumnya.

Tampilan website bpbd.jakarta.go.id dengan berbagai peta tematik kebencanaan

Tampilan website http://www.bpbd.jakarta.go.id/flood dengan berbagai peta tematik kebencanaan yang terjadi pada waktu sebelumnya.

tampilan google crisis map pada handphone: http://google.org/crisismap/weather_and_events

Tampilan google crisis map pada handphone yang memberikan informasi titik banjir pada tahun 2013

5. Memanfaatkan google map ataupun memakai aplikasi waze dan aplikasi sejenisnya untuk mengetahui trafic macet dan catatan adanya genangan. Adanya kemacetan kemungkinan besar bisa diakibatkan oleh adanya jalan yang terendam oleh air. (contohnya Link website: http://google.org/crisismap/weather_and_events)

7. Untuk guna penelitian lebih lanjut yang memerlukan layer GIS geospasial yang dapat dioverlay dengan peta-peta lainnya sesuai kebutuhan, untuk daerah Jakarta dapat didownload melalui webiste:  http://gis.bpbd.jakarta.go.id/

informasi GIS yang dapat diunduh melalui situs gis.bpbd.jakarta.go.id

Informasi SIG/GIS yang dapat diunduh melalui situs gis.bpbd.jakarta.go.id

Sebagai pengingat bersama, suatu berita kebencanaan dari media sosial yang berkembang masih perlu di cross-check terhadap informasi dari media mainstream atau informasi dari pemerintah. Sehingga berita menjadi valid dan tidak menyebabkan bertambahnya kekhawatiran atau kepanikan bagi banyak orang.

Tulisan ini bersumber dari pengalaman pribadi penulis, karena penulis tinggal di daerah JABODETABEK  sehingga banyak diambil contoh dinformasi dari kanal informasi SIG Jakarta. Jikalau ada masukan dan diskusi yang dapat menambah khasanah keilmuan dan pengetahuan guna mitigasi bencana geologi khususnya banjir dipersilahkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Advertisements
  1. 9 April 2017 at 9:26 am

    What’s up, this weekend is nice in support of me, for the reason that
    this occasion i am reading this enormous educational piece
    of writing here at my home.

  2. 14 June 2017 at 3:05 am

    Hello superb blog! Does running a blog such as this take a lot of work?
    I’ve absolutely no understanding of programming however I had
    been hoping to start my own blog in the near future.
    Anyways, should you have any ideas or tips for new blog owners please share.
    I understand this is off subject nevertheless I
    simply had to ask. Thank you!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: