Advertisements
Home > Geotourism, Paleontology, Sedimentology and Stratigraphy > GEO-WISATA DAN STUDI DI SANGIRAN: SITUS PURBAKALA YANG MENYIMPAN BUKTI DAN CERITA SEJARAH GEOLOGI DAN MANUSIA PURBA YANG DIAKUI DUNIA

GEO-WISATA DAN STUDI DI SANGIRAN: SITUS PURBAKALA YANG MENYIMPAN BUKTI DAN CERITA SEJARAH GEOLOGI DAN MANUSIA PURBA YANG DIAKUI DUNIA

GEO-WISATA DAN STUDI DI SANGIRAN: SITUS PURBAKALA YANG MENYIMPAN BUKTI DAN CERITA SEJARAH GEOLOGI DAN MANUSIA PURBA YANG DIAKUI DUNIA

Musium dan Situs Sangiran Situs Purbakala yang Diakui Dunia

Situs Purbakala Sangiran dengan luas sekitar 59,21 km persegi terletak di Kabupaten Sragen dan Karanganyar Provinsi Jawa Tengah yaitu meliputi tiga kecamatan di Sragen (Gemolong, Kalijambe, dan Plupuh) serta Kecamatan Gondangrejo yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar. Museum purbakala serta Kantor Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran beralamat di Jl.Sangiran Km 4, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Atau sekitar 15 km ke arah utara dari Kota Solo.

Tahun 1883 oleh P.E.C schemulling memulai pencarian fosil manusia purba di Sangiran dan kemudian Eugene Dubois melanjutkannya. Pada tahun 1934 Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald memulai penelitian di  Sangiran. Pada tahun 1977 Sangiran ditetapkan sebagai cagar budaya oleh mendikbud kala itu. Sangiran pada tahun 1996 mendapat pengakuan dan penetapan UNESCO sebagai UNESCO World Heritage Site inscription atau Warisan Budaya Dunia Nomor 593 dengan nama The Sangiran Early Man Site. Pengakuan nasional ataupun internasional tersebut menunjukkan pentingnya situs purbakala ini.

Di komplek Sangiran telah diketemukan sebanyak sekitar 100 fosil manusia purba (Homo erectus) atau 50% lebih temuan fosil Homo erectus di dunia. Selain itu di Komplek Sangiran juga ditemukan fosil flora, fauna, serta benda-benda artefak.

Kondisi Geologi

Sangiran berada di lembah  sungai Bengawan Solo, tektonik daerah tersebut menyebabkan daerah sangiran terangkat dan membentuk struktur kubah biasanya dikenal dengan istilah “Sangiran Dome”. Pada Sangiran terdapat Sungai Cemoro yang bermuara di Sungai Bengawan Solo. Karena proses geomorfologi pelapukan dan erosi oleh Sungai Cemoro pada batuan di daerah Sangiran sehingga banyak fosil fosil tersingkap di permukaan.

Di daerah Sangiran dan sekitarnya tersingkap dan ditemukan fosil pada beberapa unit startigrafi diantara adalah Formasi Kalibeng, Formasi Pucangan, Grnzbank, Formasi Kabuh, Formaai Notopuro, dan Endapan Resen/Sekarang. Rentang waktu, karakter sedimen, dan temuan fosil pada setiap unit stratigrafi digambarkan dan dijelaskan secara gamblang pada berbagai display dan maket stratigrafi yang ada di Museum Sangiran.

20160528_135638

Foto Display Kolom Stratigrafi dan Fosil yang Ditemui di Sangiran

Peta_Geologi_Sangiran

Peta Geologi Daerah Sangiran dan Sekitarnya (Sumber http://www.sangiranmuseum.com dalam http://www.rarasional.wordpress.com)

 

Fasilitas Pendukung Edukasi, Penelitian dan Rekreasi di Sangiran dan Sekitarnya

Beberapa fasilitias yang ada di sekitar Museum Sangiran yaitu diantaranya Kawasan Parkir yang memadai, ruang pameran, audio visual, mess peniliti, gardu pandang sangiran, kios cinderamata. dari gardu Pandang kita dapat melihat pemandangan bird view wilayah Sangiran dan sekitarnya. untuk wisatawan yang ingin menginap dapat meggunakan guest house yang ada di sekitarnya. sedangkan untuk peneliti terdapat mess peneliti di Museum Purbakala Sangiran. Kios Cinderamata menyediakan berbagai macam souvenir dari Sangiran seperti kaos, batu-batu hiasan, gantungan kunci, aksesoris kalung, cincin, gelang, dan juga terdapat replika mini manusia purba.

20160528_135817.jpg

Foto Salah Satu Display Gambaran Kehidupan Manusia Purba di Sangiran

 

Beberapa Aspek Geologi Lainnya yang Menarik untuk di Pelajari di Sangiran

Beberapa hal yang menarik untuk dipelajari dan diteliti lanjut terkait keilmuan geologi di Sangiran diantaranya adalah:

1. Hubungan variasi dan kelimpahan fosil dengan geokimia kekayaan batuan induk

Foto Bersama Tim Lapangan Survei Penelitian di Daerah Sangiran
20160528_135448.jpg

Foto Salah Satu Katalog Penjelasan Nama Spesies Fosil Moluska yang Ditemukan di Sangiran

 

2. Sedimentologi dan paleontologi terkait kehidupan dan kematian makhluk hidup karena proses geologi serta bencana atau katastropik purba.

3. Sedimentologi dan petrografi terkait paleo-environment

Foto Batuan di SangiranFoto Peneliti Sedang Mengamati dan Mengambil Sampel Batuan di Sangiran

Foto Peneliti Sedang Mengamati dan Mengambil Sampel Batuan di Sangiran

 

4. Komponen Sistem Petroleum dari Adanya Indikasi Rembesan Gas  dan Kekayaan Batuan Induk serta Potensi Reservoir di Sangiran

Rembesan gas diatas diperkirakan merupakan gas dangkal biogenik.

Penelitian-penelitian dengan topik di atas dilakukan secara bersama-sama pada tahun 2016 dengan supervisi dan arahan dari Dr. Andang Bachtiar (GDA Consulting) dan Bapak Gentur Waloyo (Unsoed) dengan anggota peneliti dan tim survei lapangan Muhammad Noor Elvan (Unsoed), Satrio Hardjo (Unsoed), Aditya Azam Fasha (Unsoed), Prihatin Tri Setyobudi (GDA Consulting), Bayu Hari Utomo (GDA Consulting). Selain topik dan judul di atas masih banyak hal menarik dapat di kupas di daerah Sangiran. Penelitian yang serupa pun kadang dilakukan berulang kali oleh peneliti yang berbeda.

Lokasi Rekreasi Alam dan Budaya di Sekitaran Museum Sangiran

Banyak ilmu pengetahuan, pemandangan menarik, fasilitas yang memadai membuat  kita dimanjakan dan dipuaskan dalam berwisata di Sangiran. Dengan luasnya area wisata Sangiran, kita bisa mengunjungi museum, menara pandang,  teater film, belanja souvenir, kulener ataupun kita bisa membawa tikar dan makanan sambil menikmati suasana alam. Ataupun jika ingin mengkombinasikan rute wisata ke tempat lain yang dapat menjadi pilihan dan disesuikan dalam jangka waktu wisata (sehari ataupun beberapa hari), berikut beberapa alternatif tempat wisata di sekitar Sangiran, yaitu:

  • Waduk Kedung Ombo
  • Sentral Batik Kliwonan
  • Gunung Kemukus
  • Gemolong Edu Park
  • Ndayu Park
  • Kolam Renang Kartika
  • Kolam Renang Doeng
  • Alun-alun Sragen
  • Pemandian Air Panas Bayanan
  • Pemandian Air Panas Ngunut
  • Taman Kridoanggo  Sragen
  • Taman Bunga Ganesa Sukowati
  • Ganesa Technopark
  • Wisata Alam Betisrejo
  • Pacuan Kuda Nyi Ageng Serang
  • Alaska (Alas Karet) Kedawung
  • Kedung Grujug Miri
  • Gunung Banyak
  • Gunung Tugel
  • Air Terjun Dung Jengglong atau Dung Pleret
  • Air Terjun Grojokan Sewu
  • Gunung Lawu
  • Gunung Sewu

 

 

Advertisements
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: